Tuesday, April 2, 2019

Apakah Jatuh Talak Ketika Diucapkan Saat Marah

Sekali Anda ucapkan, maka jatuhlah talak satu anda kepada isteri Anda. Demikian para ulama telah sepakat atas masalah talak kepada isteri. Khususnya ketika lafdz talak itu diucapkan secara sharih (tegas dan jelas). Lain halnya bila lafadz itu diucapkan tanpa ketegasan, maka kembali kepada niatnya atau kepada kebiasaan yang berlaku., Hukum Talak yang Diucapkan Saat Sedang Sangat Marah Ketiga madzhab fiqih yaitu Syafi'i, Maliki dan Hanbali sepakat bahwa ucapan talak saat suami sedang marah itu jatuh talak .[1] Namun, ada sebagian pendapat ulama dari madzhab Hanbali seperti Ibnu Taimiyah dan muridnya Ibnu Qayyim dan sejumlah ulama Mesir kontemporer seperti Ali Jum'ah (mantan mufti Mesir), Sayyid Sabiq, Jad al-Haq, Atiyyah ..., Sekali Anda ucapkan, maka jatuhlah talak satu anda kepada isteri Anda. Demikian para ulama telah sepakat atas masalah talak kepada isteri. Khususnya ketika lafdz talak itu diucapkan secara sharih (tegas dan jelas). Lain halnya bila lafadz itu diucapkan tanpa ketegasan, maka kembali kepada niatnya atau kepada kebiasaan yang berlaku., 29/11/2009  · Apakah Jatuh Talak ketika Diucapkan Saat Marah ? Assalamu'alaikum wr. wb. Langsung saja Ust. Saya ada permasalahan dalam keluarga. Karena konflik dan pertengkaran yang terjadi antara saya dan isteri, setiap marah isteri selalu minta talak . Pada awalnya saya tidak memperdulikannya, namun saya kadang emosi dan marah , sehingga pernah saya mengatakannya secara tegas dan …, 25/04/2017  · Talak adalah perkara yang berat, suami harus benar-benar paham apa konsekuensi dari ucapannya. Tapi, bagaimana jika talak tersebut terucap ketika suami sedang marah dimana saat marah akal cenderung tertutup, berikut penjelasannya., Tanya : Ustadz, bagaimana hukumnya suami menjatuhkan talak dalam keadaan marah ? Apakah jatuh talaknya? Jawab : Menurut Wahbah Zuhaili marah (ghadhab) ada dua. Pertama, marah biasa yang tak sampai menghilangkan kesadaran atau akal, sehingga orang masih menyadari ucapan atau tindakannya. Kedua, marah yang sangat yang menghilangkan kesadaran atau akal, sehingga seseorang tak …, “ Apakah Jatuh Talak ketika Diucapkan Saat Marah ?” ketegori Muslim. Assalamualaikum Warahmatullah Wabarakatuh. Langsung saja Ust. Saya ada permasalahan dalam keluarga. Karena konflik dan pertengkaran yang terjadi antara saya dan isteri, setiap marah isteri selalu minta talak ., “ Apakah Jatuh Talak ketika Diucapkan Saat Marah ?” ... Karena konflik dan pertengkaran yang terjadi antara saya dan isteri, setiap marah isteri selalu minta talak . Pada awalnya saya tidak memperdulikannya, namun saya kadang emosi dan marah , sehingga pernah saya mengatakannya secara tegas dan jelas, bahwa saya telah mentalaknya. ..., Saat marah , terkadang seorang suami tak sadar mentalak istrinya, padahal ia sedang tidak berniat hanya terpancing emosi sesaat saja. Bagaimana hukumnya apakah hukum talak sudah jatuh saat marah ? Imam Hanafi menanggapi bahwa syarat jatuhnya talak adalah suami sadar apa yang diucapkannya dan benar-benar menginginkannya., 25/03/2012  · Pembahasan terakhir adalah dari bahasan talak yang dilakukan oleh orang yang mabuk, apakah sah ataukah tidak. Saat ini akan kita melanjutkan dengan bahasan syarat keempat dari talak yang berkaitan dengan suami yang mengucapkan. Di dalamnya akan disinggung apakah talak dalam keadaan marah atau emosi itu sah ataukah tidak.

No comments:

Post a Comment